Jumat, 19 Oktober 2012

Visi dan Misi Organisasi Pelayanan dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial


Visi dan Misi Organisasi Pelayanan
HSO seperti juga organisasi lain memerlukan adanya tujuan yang harus disosialisasikan dan dipublikasikan
Untuk itu anggota organisasi harus selalu berpartisipasi dalam menentukan tujuan karena organisasi terdiri dari
Beberapa hal yang perlu diketahui tentang tujuan
1.       Pemikiran/gagasan tentang tujuan organisasi adalah dalam reifikasi dalam artian yang mempunyai tujuan adalah orang-orang dalam organisasi
2.       Tidak ada consensus yang terus menerus mengenai tujuan. Karena tiap individu mempunyai perspektif yang berbeda dalam menjalankan tujuan dengan cara berbeda
3.       Anggota organisasi mempunyai persepsi yang berbeda mengenawi tujuan organisasi.
4.       Organisasi mempunyai tujuan yang banyak yang kadang-kadang saling bertentangan
5.       Tujuan organisasi kadang-kadang bersifat samar-samar
6.       Tujuan organisasi tidak bqersifat statis
Sebagai suatu perangkat untuk

Filosofi : organisasi pelayanan bisa diketahui dengan melihat pemikiran dasar atau pendekatan yang ada
Secara umum bentuk-bentuk pendekatan yang biasa dipilih adalah
1.       Sosio karitati : pendekatan pngembangan masyarakat yang didasari oleh anggapan bahwa masyarakat tidak berdaya, miskin, menderita dan tidak
2.       Sosial ekonomis pendekatan pengembangan masyarakat yang berangkat dari anggapan bahwa apabila pendapatan masyarakat meningkat, beutuhan ekonominya, terpenuhi maka persoalan kehiduapan lainnya dengan sendirinya bisa terpecahkan
3.       Socio reformis pendekatan ini bersifat insidentil untuk mengembalikan keadaan yang ada
4.       Sosio transfromatif pengembangan dan pembangunan masyarakat pada dasarknya adalah perubahan pandangan, pemikiran, tingkah laku untuk kemandirian dan keswadayaan
Untuk memilih dan menenutkan pendekatan mana yang paling baik perlu dilihat ebih dahulu bagaimana kondisi masyarakat dan tidak mengerankan apabila di jumpai orgnaisasi pelayanan yang menggunakan lebih dari satu pendekatan



Visi
Pengertian
1.       Visi adalha perpaduan filosofis organisasi dengan sikap/ pandangan terhadap realitas dan cita cita ke depan
2.       Sange : Visi bukanlah ide dan bahkan buka ide yang penting spt kebebasan tapi lebih pada dorongan dari dalam satu nurani. Visi dapat diinspirasikan oleh suatu gagasan tetapi begitu dinyatakan mk tidak lagi bersifat abstrak
3.       Bryson : pernyataan visisi harus mencakup misi, filosofi dan nilai-nilai organisasi, strategi, kriteria performance, aturan pengambilan keputusan dan standart etik
Visi organisasi didasari oleh visi pribadi dari masing-masing anggota yang kemudia dikembangkan melalui proses dialog yang intens sehingga visi masing masing anggota tercermin dalam visi organisasi
Sebuah rumusan visi yang efektif harus membawa sekaligus visi internal dan eksternal bagi organisasi
Visi eksternal : memusatkan perhatian pada bagaimana dunia bisa menjadi lebih baik, diubah atau berbeda bila organisasi mencapai maksudnya
Focus rumusan visi yang efektif terutama harus terletak pada klien yang akan dilayani
Visi Internal : melukiskan seperti apa tampaknya organisasi ketika dia bekerja secara efektif dan efisien unutk menopang tercapainya visi eksternal –layanan, dewan, staf dan fasilitas-fasilitas. Melalui visi internal juga merumuskan apa yang membedakan organisasi itu dari pesaing-pesaingnya.
Banyak organisai yang menggabungkan misi dan visi dalam 1 kalimat. Namun pernyataan misi biasanya lebih difokuskan pada respon organisasi terhadap isu isu dan masalah dan tantangan yang ada. Visi biasanya merupakan pernyataan yang pendek dapat dikomunikasi tidak hanya melalui kata-kata tapi juga gambar, image (kesan)
MISI
Merupakan cita cita yang disusun sebagai aktualisasi dari visi dan filosofi.
Dlaam merumuskan maksud (purpose0 organisasi penting untuk diperhatikan bahwa harus lebih diarahkan pada outcome dan hasil daripada metode misalkan maskdu dari suatu lembaga konseling kesehatan mental untuk memebrikan pelayanan konseling.
Seharusnya adalah untuk “meningkatkan kualitas kehidupan bagi kleinnya”
Dalam membuat misi biasanaya terdiri dari
1.       PURPOSE
2.       BUSINESS
3.       VALUE
PURPOSE harus mengidentifikasikan masalah atau kondisi
Perumusan BUSINESS
Pernyataan tentan gbisnis apa yang diterjuni oleh organisasi tidaklah sama dengan rumusan purpose karena bisnis lebih ke arah saranan , mencantumkan kata kerja menyediakan atau menyambung sebuah rumusan purpose dengan kata
Merumuskan NILAI : komponen nilai dan keyakinan melukiskan prinsip dasar yang dimiliki bersama anggota
Visi dan misi menjadi dasar untuk proses perencanaan termasuk perencanaan strategis, menentukan tujuan dan sasaran serta merancang program.

Contoh-contoh Visi dan MISI
Community Development Indonesia Visi : mewujudkan komunitas yang mandiri
Misi :
·         merencanakan dan melaksanakan program pemberdayaan mealui partisipasi aktif komunikas sasaran
·         Mengembangkan potensi komunitas untuk meningkatkan kesejahteraanya
·         Menjadi konsultan program pemberdayaan komunitas tingkat nasional

Dari misi ini sudah terdiri dari PURPOSE (tujuan), BUSINESS (cara yang digunakan), VALUE (kemandirian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar