Jumat, 19 Oktober 2012

Apa itu Kesejahteraan Sosial ? Apa itu Pekerjaan Sosial ? Apa Peran Pekerja Sosial ?


Pengantar Psikologi bagi Kesejahteraan Sosial merupakan salah satu matakuliah wajib oleh jurusan Kesejahteraan sosial. Karena matakuliah ini sangat bermanfaat dalam dunia kerja nanti terutama di bidang mikro dan mezzo (individu, keluarga, organisasi). Dalam kelas ini akan diajarkan dasar-dasar Psikologi yang akan dibutuhkan oleh Kesejahteraan sosial. Namun sebelum itu, dibutuhkan beberapa pemahaman dasar yang telah diajarkan pada kelas Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial seperti ‘Apaitu Kesejahteraan Sosial?’ , ‘Apa itu pekerjaan Sosial?’ , dan ‘Apa peran-peran Pekerja sosial?’

Apa itu Kesejahteraan sosial?

Kesejahteraan Sosial sebagai suatu keadaan dimana digambarkan secara ideal adalah suatu tatanan (tatakehidupan) yang melipiuti kehidupan matrial maupun spiritual, dengan tidak menempatkan satu aspek lebih penting dari yang lainnya, tetapi lebih mencoba melihat pada upaya mendapatkan titik keseimbangan. Titik keseimbangan yang dimaksud adalah keseimbangan atara aspek jasmaniah dan rohaniah, ataupun keseimbangan antara aspek matrial dan spiritual.
Dalam kaitannya dengan definisi Ilmu Kesejahteraan sosial, pada dasarnya Ilmu Kesejahteraan Sosial merupakan suatu ilmu yang mencoba mengembangkan pemikiran, strategi dan tehnik untuk meningkatkan derajat kesejahteraan suatu masyarakat.

Ilmu Kesejahteraan Sosial adalah suatu Ilmu terapan yang mengkaji dan mengembangkan kerangka pemikiran serta metodologi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup (kondisi) masyarakat antara lain melalui pengolahan masalah sosial; pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, dan pemaksimalan kesempatan anggota masyarakat untuk berkembang. (Ilmu kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial, 2005 : 17, Adi, Isbandi Rukminto)


Dalam bukunya beliau Isbaldi Rukminto Adi, Ilmu kesejahteraan sosial dan pekeraan sosial, menjelaskan tentang Kesejahteraan sosial sebagai ilmu sebagai kerangka pemikiran dan metodologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Sedangkan ada pengertian lain tentang Kesejahteraan sosial yang ditulis dalam Undang-Undang RI.

 Menurut UU No.6 Thn 1974 yaitu suatu tata kehidupan dan penghidupan sosial, material maupun spritual yang diliputi rasa keselamatan, kesusilaan, dan ketentraman lahir dan batin, yang memungkinkan setiap warga negara untuk mengadakan usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah, rohaniah dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga, serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak atau kewajiban manusia sesuai dengan pancasila.


Dengan definisi-definisi ini kita dapat menyimpulkan bahwa kesejahteraan sosial merupakan suatu tatanan dan kehidupan sosial  Kesejahteraan sosial adalah kondisi sejahtera dari suatu masyarakat melalui pengolahan masalah sosial




Apa itu Pekerjaan Sosial ?
Ada beberapa buku yang mendefinisikan Pekerjaan Sosial. Kemudian Charles Zastrow dalam bukunya Social problem, Service, adn Current issues mendefinisakan apa itu Pekerja Sosial.

Zastrow,Charles. Social work is the profesional activity of helping individuals, groups, or communities to enhance or restore their capacity for social functioning and to create societal conditions favorable to their goals. Pekerjaan sosial adalah aktivitas profesional untuk membantu individu, kelompok atau komunitas guna meningkatkan atau memperbaiki kapasitasnya untuk berfungsi sosial dan menciptakan kondisi masyarakat guna mencapai tujuan-tujuannya. (Introduction to Social Welfare Institutions: Social Problems, Service, and Current Issues. 1982 : 12)


Charles Zastrow dalam bukunya Introduction to Social Welfare Institutions: Social Problems, Service, and Current Issues, 1982, menjelaskan Pekerja sosial sebagai suatu aktivitas provesional dalam level mikro dan mezzo untuk mencapai tujuan-tujuannya. Sedangkan ahli lain Leonora Scrafica-deGuzman. juga menjelaskan definisi pekerja sosial.

Social work is the profesion which is primary concerned with organized social service activity aimed to facilitate and strengthen basic relationship in the mutual adjusment between individual, and their social environment for the good of the individual and society, by the use of social work method. Pekerjaan sosial adalah profesi yang bidang utamanya berkecimpung dalam kegiatan pelayanan sosial yang terorganisasi, dimana tujuannya untuk memfasilitasi dan memperkuat relasi dalam penyesuaian diri secara timbal balik dan saling menguntungkan antar individu dengan lingkungan sosialnya , melalui penggunaan metode-metode pekerjaan sosial. (Fundamentals of social work, 1983 : 3)


            Masih banyak lagi ahli-ahli yang mendefinisikan Pekerja Sosial itu sendiri. dan hasil penulisan definisi-definisi pekerja sosial itu kita dapan menarik kesimpulan bahwa pekerja sosial merupakan suatu pelayanan Individu, keluarga, atau organisasi guna memperbaiki atau meningkatkan kualitas masyarakatnya dan harus terorganisir dengan sangat baik, melalui penggunaan metode-metode pekerja sosial.

Apa Peran-Peran Pekerja Sosial ?
Sesuai dengan namanya Pekerja Sosial, jika di artikan secara bahasa, pekerja sosial merupakan suatu pekerjaan atau tindakan yang dilakukan untuk sosial masyarakat. dengan begitu Pekerja sosial memiliki peran-peran penting dan metode intervensi terhadap client.

Pekerjaan sosial sebagai suatu Ilmu yang memfokuskan intervensinya pada proses interaksi antara manusia (people) dengan lingkungannya. Dan mengutamakan teori-teori perilaku manusia dan sistem sosial, guna meningkatkan taraf hidup (human well-being) masyarakat. Secara tersirat juga terlihat bahwa Psikologi dan Sosiologi akan memainkan peranan dalam perkembangan praktek pekerja sosial. (Introduction to Social Welfare Institutions: Social Problems, Service, and Current Issues. 1982 : 12)

Pekerja sosial dapat diartikan secara luas, yaitu pihak-pihak yang melaksanakan usaha kesejahteraan sosial baik yang berasal dari pemerintahan (birokrasi) maupun dari kalangan masyarakat atau LSM. Pekerja sosial dalam kerangka birokrasi Indonesia merupakan salah satu saluran pembinaan karir PNS melalui jalur jabatan fungsional. Jabatan fungsional ini resmi dalam birokrasi pemerintahan sejak Agustus 1988.
Salah satu tugas jabatan fungsional dalam birokrasi pemerintahan, dalam melaksanakan tugasnya pekerja sosial tidak terlepas dari tugas pokok dan fungsi instansi tempat mereka bertugas. Walaupun demikian, secara umum mereka memiliki kesamaan karakteristik tugas yaitu melaksanakan usaha kesejahteraan sosial atau pembangunan bidang kesejahteraan sosial.
Sedangkan dalam departemen Sosial menjelaskan peran-peran atau tugas-tugas pekerjaan sosial.  Tugas pekerja sosial dalam beberapa fungsi yaitu :

1) melaksanakan pencegahan terhadap timbul dan berkembangnya masalah sosial.

2) melaksanakan rehabilitasi yang meliputi memperbaiki dan memulihkan peran-peran sosial yang terganggu.

3) melaksanakan pengembangan kemampuan individu, kelompok dan masyarakat dalam meningkatkan taraf kesejahteraan sosialnya dan mendayagunakan potensi dan sumber-sumber. Memberikan dukungan terhadap profesi dan sektor-sektor lain guna peningkatan kualitas pelayanan sosial (Depsos RI., 1998).


Dari buku Departemen Sosial RI tahun 1998 yang saya kutip dapat ditarik kesimpulkan bahwa peran pekerja sosial adalah pencegahan masalah sosial , rehabilitasi dan pengembangan kemampuan masyarakat.
Dari berbagai hasil bacaan yang saya cari, sudah terjawab pertanyaan-pertanyaan apaitu kesejahteraan sosial, pekerja sosial, dan peran pekerja sosial. Dan dari bacaan refrensi pun saya dapat memahami dan mengambil banyak ilmu pengetahuan mengenai pertanyaa-pertanyaan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar